Lagi, Muncul 2 Ekor Lumba-lumba Putih di Labura Jadi Tontonan Warga

Lumba-lumba putih

Topmetro.News – Lumba-lumba putih yang muncul dua ekor, bikin Warga Sungai Kualuh, Labuhanbatu Utara benar-benar heboh. Fenomena langka munculnya lumba-lumba putih di sekitar Sungai Kualuh diketahui jenis lumba-lumba air tawar atau Orcaella brevirostris. Sekadar diketahui, kemunculan lumba-lumba di sungai Kualuh ini bukan pertama kali. Awal tahun ini tepatnya 27 Januari 2019 silam fenomena ini pernah terjadi.

Lumba-lumba Putih Pernah Juga Muncul

Menurut warga, sebelumnya mereka tidak pernah melihat dua hewan mamalia itu muncul di Sungai Kualuh.

Sontak saja kemunculan dua lumba-lumba di sungai Kualuh membuat warga berbondong-bondong datang dan memenuhi bantaran sungai.

Mereka penasaran dengan bentuk dan keunikan lumba-lumba yang justru hidup di air tawar itu.

Menurut informasi, seperti dilansir pojoksatu, warga yang pernah melihat, lumba-lumba itu memiliki tubuh berwarna biru dan dominan putih.

Panggilan Khusus, Ikan Itu Muncul

Bahkan dengan cara memancing agar lumba-lumba itu muncul ke permukaan warga punya panggilan khusus. Ya warga memanggilnya dengan sebutan Siulan.

Uniknya lagi, kedua lumba-lumba itu biasanya akan takut dengan kerumunan orang jika belum terlatih, namun berbeda dengan kedua lumba-lumba di sungai Kualuh ini.

Semakin Meliuk-liuk

Semakin banyak masyarakat yang ramai bersorak menyaksikan, lumba-lumba itu semakin lincah meliuk-liuk menampakkan dirinya.

Warga yang melihat aksi kedua lumba-lumba pintar itu pun tidak mau ketinggalan mengambil momen langka dengan mengabadikannya di kamera ponselnya.

baca juga | HEBOH..!!! LUMBA-LUMBA PUTIH MUNCUL DI SUNGAI LABURA, FENOMENA APA INI?

Sebagaimana dilansir Topmetro News sebelumnya ikan lumba-lumba putih secara tiba-tiba muncul Sungai Kualuh di Kelurahan Guntingsaga, Kecamatan Kualuh Selatan, Kabupaten Labuhanbatu Utara heboh, Sabtu (26/1/2019) malam. Menjawab penasaran warga, warga setempat pun merekam adegan lumba-lumba putih itu, hingga kini viral di media sosial.

Dalam rekaman video itu itu terlihat banyak warga di jembatan sungai terbesar di Labura itu mengarahkan perhatian ke arah air yang kondisinya gelap.

Namun dalam video berdurasi hampir 3 menit itu sama sekali tak terlihat ikan Lumba-lumba putih. Yang terdengar hanya pembicaraan warga yang menyebutkan tentang adanya ikan yang biasanya disebut hanya bisa hidup di air asin itu.

Beberapa jam sebelumnya akun yang sama juga memosting gambar yang disebut ikan lumba-lumba.

Foto yang dibagikan dari postingan akun bernama @Syahri Fadli Samosir itu menyebutkan kedua ikan itu muncul di Dusun Kilang Samin di bagian hilir Sungai Kualuh.

Sejumlah warga netizen meragukan informasi itu karena dalam video tidak terlihat adanya lumba-lumba.

Tapi ada juga yang memercayainya dengan menyebutkan, hal serupa pernah terjadi di Sungai Kanan Labusel beberapa waktu lalu.

reporter | jeremitaran

Related posts

Leave a Comment